Himpunan Mahasiswa Agribisnis adakan Kuliah Umum Konservasi Hayati dengan Konsep Permakultur Berbasis Green – Economy

Himpunan Mahasiswa Agribisnis adakan Kuliah Umum Konservasi Hayati dengan Konsep Permakultur Berbasis Green – Economy

Himpunan Mahasiswa Agribisnis Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menggelar Kuliah Umum yang bertajuk “Konservasi Hayati dengan Konsep Permakultur Berbasis Green – Economy” pada sabtu, (02/07/2022). Kegiatan ini bertempat di Metting Room Gedung Papua Berkemajuan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dan diikuti oleh 50 peserta dari berbagai program studi.

Kegiatan ini mendatangkan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, Biosphere Foundation, Mr. Christoper Dolphin dan Komunitas Peduli Papua (Kompipa), Mbah Gimbal. Mr. Christoper Dolphin menjelaskan bahwasanya menjaga lingkungan merupakan tanggungjawab bersama.

“kami pergi ke pulau Famm, Raja Ampat membawa misi sosial, disana kami mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga terumbu karang, merawat, dan membudidayakannya, bukan hanya di laut tetapi didarat juga kami memberikan edukasi bagaimana membudidayakan sayuran di sekitar halaman rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari menggunakan konsep permakultur” ujarnya

Hadir sebagai narasumber kedua Mbah Gimbal selaku praktisi permakultur menjelaskan ada 3 etika dasar permakultur

“ada 3 etika dasar permakultur yaitu peduli bumi,peduli manusia, dan peduli kepada masa depan. Peduli bumi maksudnya merawat dan menjaga alam, baik tanahnya, airnya, iklim maupun aspek lainnya. Peduli manusia bahwa kebutuhan manusia harus dipenuhi, mulai dari makanan, tempat berlindung dan lainnya. Peduli kepada masa depan , kita harus menyediakan sumber daya untuk anak cucu kita di masa depan” ujarnya.

Kuliah Umum tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) , Dosen Program studi Agribisnis, para dosen dilingkup FST, serta tamu undangan dari Dinas Pertanian dan Lingkungan Hidup

Kegiatan Kuliah Umum ditutup dengan hiburan musikalisasi oleh Mr. Christoper Dolphin yang merupakan musisi. Peserta yang hadir merasa sangat terhibur bukan hanya karena musiknya yang asyik ,tetapi juga lirik dari lagu yang dibawakan mengandung pesan moral, pasalnya mereka menggunakan kata-kata ajakan untuk hidup sehat dan menjaga lingkungan. (BA)