Pendampingan SMK-PK Program Keunggulan Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 2 Mimika

Pendampingan SMK-PK Program Keunggulan Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 2 Mimika

sorong-Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan adalah program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja, agar menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha dan menjadi SMK rujukan serta pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55/D/HK/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan maka dilaksanakannya kegiatan pendampingan dengan harapan mampu untuk memperkuat kemitraan dengan Kemendikbudristek dalam pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan diantaranya meningkatkan efisiensi dengan menggunakan platform digital, menghasilkan peningkatan pada soft skills dan hard skills peserta didik yang sesuai kebutuhan dunia kerja dan mempunyai nilai karakter Pancasila, peningkatan sarana prasarana praktik belajar yang berstandar dunia kerja, dan mewujudkan perencanaan yang berbasis data melalui manajemen sekolah.

Adapun tujuan pelaksanaan pendampingan SMK menuju Pusat Keunggulan (Center Of Excelent) adalah Melaksanakan Kegiatan Sesuai Dengan Tujuan Program SMK PK, Menganalisa kekuatan dan kelemahan, serta mengembangkan potensi yang ada di SMK, Membantu SMK dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efisien. Pendamping memiliki tujuan dalam pendampingan SMK diantaranya Mendampingi Sekolah dalam mencapai target luaran, hasil dan dampak (Output, Outcome, Impact) yang diinginkan, melakukan program oversight (Rencana Pengadaan Peralatan, Rencana Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah, Serta Pembelajaran) dan Monitoring Capaian Pembelajaran dan Aspek Link and Match di Sekolah.

Hasil Pelaksanaan Pendampingan kedua Program SMK Pusat Keunggulan yang dimulai pada tanggal 14-17 September 2021 terkait instrumen survei awal SMK PK yang memuat pemahaman tentang program SMK PK dengan berbagai indikator yang telah terpenuhi diantaranya mengikuti sosialisasi, pelatihan dan menyosialisasikan ke internal sekolah. Selain itu, Kepala sekolah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk pelaksanaan SMK PK dengan menyesuaikan visi dan misi sekolah. Pembentukan tim Pengelola SMK PK berdasarkan SK Tim pengelola dengan rencana aksi yang telah dibuat sebelumnya sebagai pendukung kegiatan pandampingan. Progres pelaksanaan pendampingan dimulai dari penyampian kegiatan IHT sampai pembahasan rencana aksi oleh pendamping dan Sekolah yang menjelaskan tentang spesifikasi kebutuhan alat yang dibutuhkan dan harga harus disesuaikan dengan instalasi dan pengiriman dari Sipla. Permasalahan yang diperoleh pada saat pendampingan yaitu kebutuhan alat yang dibutuhkan belum sepenuhnya disetujui, karena belum ada kesepakatan penyedia mengenai instalasi dan biaya pengiriman peralatan tersebut. Selain itu, kurikulum yang telah dibuat oleh SMK telah merujuk pada kurikulum terbaru yang disesuikan dengan 8+i. Pengisian instrument di Monalisa telah dipertanggungjawabkan sesuai dengan dokumen yang sudah ditunjukkan kepada tim pendamping. Proses pembuatan kandang yang mencani rencana aksi paling pertama merujuk pada peralatan dan kebutuhan peralatan yang telah dijelaskan sebelumnya.