SENANDUNG KISAH PKL YANG MENYENANGKAN DI STASIUN KARANTINA PERTANIAN KELAS I SORONG

SENANDUNG KISAH PKL YANG MENYENANGKAN DI STASIUN KARANTINA PERTANIAN KELAS I SORONG

Halo perkenalkan nama saya Agus Nurmansyah mahasiswa semester 7 Program Studi Agribisnis Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Praktek Kerja Lapangan atau yang biasa disebut dengan PKL merupakan salah satu syarat yang wajib dilakukan oleh mahasiswa unimuda sorong yang sedang dalam tahap akhir, selain itu pkl juga merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk meraih gelar sarjana.

Awalnya deg-degan banget ketika mau memasukkan surat permohonan PKL di Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Sorong. Alhamdulillah setelah menunggu konfirmasi dari pihak Karantina Pertanian surat kami-pun di setujui oleh kepala UPT, yaitu pak Drh I Wayan Kertanegara.,M.Pt. saya akan melaksanakan pkl pada tanggal 15 September hingga 15 Oktober 2022. Sebelumnya saya diperkenalkan apa tugas karantina pertanian, bagaimana petugas karantina pertanian ketika berjaga, serta bagaimana petugas karantina dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.

Pada tanggal 15 September 2022, awal pertama pkl rasanya campur aduk, bingung sekaligus senang. saya diantar oleh dosen pembimbing yaitu Ibu Eva Maya Sari, S.TP,. M.Si dan Ibu Aldila Mawanti Athirah,. M.Si dan diarahkan ketemu Ibu Linda, sekaligus di ajak beliau keliling ruangan kerja, berkenalan dengan pegawai dan staff di kantor karantina, setelah itu menghadap Pak Abdul Qadir Loji untuk pembagian tugas wilayah kerja. Saya mendapat tugas PKL di Pelabuhan laut Sorong, menggunakan mobil saya diantar menuju kantor karantina Pelabuhan, di sini saya berkenalan dengan penanggung jawab lapangan pak Gregorius Kakaray, pendamping lapangan pak Dahlan Sengadji, dan kak Silvia Samosir selaku pegawai tetap beliau yang menyambut dengan sangat baik dan ramah, sehingga membuat pengalaman pkl saya menjadi lebih menyenangkan dan penuh canda tawa tetapi tetap serius ketika sedang bekerja.

Oh iya ternyata di karantina pertanian ada karantina hewan dan karantina tumbuhan. Karantina hewan bertugas menjaga masuk dan tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) di wilayah RI, sedangkan karantina tumbuhan bertugas menjaga masuk dan tersebarnya Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dari luar ke wilayah RI.

“Tugas Karantina Pertanian sebagai garda terdepan dalam melindungi suatu wilayah dari HPHK dan OPTK, yang sangat berdampak besar terhadap kesediaan pangan”

Di wilayah kerja Pelabuhan laut Sorong, saya membantu memverifikasi dokumen sertifikat karantina pertanian meliputi mengisi ceklis dokumen, dan stempel dokumen. selain itu saya juga diperbolehkan ikut serta mengawasi kapal yang masuk dan bersandar di Pelabuhan sorong, ini adalah salah satu kegiatan yang saya senangi karena saya mengetahui kondisi langsung di lapangan. Pelabuhan laut sorong merupakan salah satu tempat pemasukan yang ada di Kota Sorong. 

Terima kasih saya ucapkan kepada dosen pembimbing serta seluruh pegawai Kantor Badan Karantina Pertanian Kelas I Sorong. Terkhusus, penanggung jawab pendamping lapangan, dan pegawai kantor Pelabuhan tempat saya PKL. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita semua.

Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong memiliki slogan “ Tangguh, Professional dan Terpercaya”. (AN)