Syukuran atas Perjuangan Siang Malam Persiapan Assement Lapangan (AL) Prodi Agribisnis

Syukuran atas Perjuangan Siang Malam Persiapan Assement Lapangan (AL) Prodi Agribisnis

Perjuangan panjang selama 2 minggu lamanya telah menyerap banyak tenaga, pikiran, dan biaya yang tidak sedikit.

Bagaimana tidak? Pasalnya dalam 2 minggu tersebut seluruh dosen dan mahasiswa Prodi Agribisnis turun tangan dalam menyongsong suksesnya Assesment Lapangan Prodi Agribisnis yang telah ditunggu selama 4 tahun terakhir.

Saat itu, Senin (11/07/2022) Kaprodi Agribisnis memberitahukan kepada kami, mahasiswa agribisnis, bahwa jadwal untuk AL prodi telah keluar dan jatuh pada tanggal 25-26 Juli 2022. Maka dari itu, Kaprodi meminta bantuan kepada kami mahasiswa agribisnis untuk turut andil dalam menyukseskan AL prodi yang telah dinantikan selama 4 tahun dan menjadi ujung tombak bagi lulusan Agribisnis agar mendapat validasi sebagai lulusan Agribisnis dari Kampus UNIMUDA tercinta.

Dalam persiapan AL prodi banyak pekerjaan yang dikerjakan oleh dosen dan mahasiswa, diantaranya menyiapkan berkas-berkas laporan, mengumpulkan artikel mahasiswa yang telah diterbitkan, merenovasi tampilan mading prodi agar lebih menarik, dan membuat video pengenalan prodi dengan berbagai fasilitasnya yakni mulai dari Laboratorium Penyuluhan Pertanian, Laboratorium IPA Terpadu, Laboratorium Media Komunikasi, Laboratorium Komputer, dan MEA LAB serta Green House.

Tapi sebelum lanjut,apasih MEA Lab itu?

MEA (Marketing Entrepreneurship Agribusiness) laboratorium adalah salah satu fasilitas yang diberikan kampus UNIMUDA kepada Prodi Agribisnis yang digunakan untuk melatih serta menumbuhkan jiwa entrepreneur mahasiswa agribisnis melalui kegiatan perencanaan produk, penciptaan produk, hingga membangun jejaring bisnis dengan berbagai stakeholder. MEA Lab ini juga disebut sebagai sekret atau rumah bagi mahasiswa agribisnis karena di sinilah mahasiswa agribisnis sering berkumpul dan berdiskusi. MEA Lab ini juga dilengkapi dengan café yang disebut dengan MEA Café. Inilah sebabnya mahasiswa agribisnis betah berlama-lama di tempat ini.

Setelah 2 minggu yang begitu padat dan sibuk bagi prodiAgribisnis, akhirnya sampailah hari yang di nanti-nanti, yaitu AL untuk Akreditasi Program Studi Agribisnis oleh tim asesor BAN-PT (BadanAkreditasi Nasional PerguruanTinggi) yang terdiri dari 2 orang, yaitu Prof. Dr. Ir. Ali Ibrahim Hasyim, M.S. dan Prof. Dr. Ir. Lies Sulistyowati, M.S. pada tanggal 25-26 Juli 2022. Metode yang digunakan asesor dalam penilaian AL adalah metode wawancara, dimana asesor bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan prodi, mahasiswa, metode pembelajaran, dan failitas penunjang kegiatan belajar-mengajar prodi.

Wawancara tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi wawancara dengan dosen dan sesi wawancara dengan mahasiswa. Saat diwawancarai kami mahasiswa sempat merasa gugup, tetapi setelah wawancara berjalan dengan asesor yang sangat ramah dan seru, ketegangan pun mulai pudar. Akhirnya wawancara berjalan dengan lancar dan berakhir dengan kesan pesan, serta harapan dari mahasiswa untuk prodi kedepannya.

Salah satu kesan pesan dan harapan dari mahasiswa untuk prodi kedepannya yaitu semoga prodi agribisnis menjadi prodi terbaik dengan lulusan terbaiknya tentunya. Usaha tidak mengkhianati hasil. Beberapa hari setelah AL selesai, kabar baik pun datang. Hasil AL prodi telah keluar dengan hasil “BAIK”, dimana hal ini menjadi suatu kebahagiaan bagi kami semua,dosen,mahasiswa dan prodi tercinta yang terbilang masih baru di lingkungan kampus UNIMUDA.

Untuk mengungkapkan rasa syukur atas kebahagiaan tersebut kami membuat acara syukuran yang sekaligus dirangkaikan dengan peresmian MEA Café, pada Senin, 8 Agustus 2022. Dalam acara tersebut hadir Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Sains Terapan, Kaprodi dan dosen-dosen, serta mahasiswa agribisnis

Menilik hidangan yang disajikan pada acara syukuran tersebut terdapat beberapa macam hidangan diantaranya ayam bakar, ikan bakar, nasi uduk, ikan kuah kuning, dan berbagai makanan ringan dan cemilan. Tetapi ada sesuatu yang membuat hidangan pada acara kali ini berbeda dari biasanya, yaitu bahan-bahan yang digunakan diambil dari MEA Lab, apa saja? Diantaranya adalah cabai, terung, dan serai yang fresh diambil langsung dari kebun MEA Lab.

Acara syukuran berjalan dengan lancar,semuanya berada dalam suasana yang bahagia nan haru.Tetapi dibalik semua itu ada rasa syukur yang tak terhingga atas perjuangan kami selama ini.